Kamis, 07 Desember 2017

Benarkah Tidur Siang Membuat Awet Muda? Ini Jawabannya!

Tidak selamanya, tidur siang itu diidentikkan dengan pemalas. Tidur sejenak di siang hari, terkandung berbagai macam manfaat di dalamnya.

Tidak hanya membuat tubuh menjadi jauh lebih segar, tidur siang ini juga baik dalam menjaga kesehatan sistem peredaran darah dan jantung. Bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas dan ternyata bisa membuat tinggi badan dalam beberapa kasus.

Tidur siang itu seharusnya dilakukan sebentar saja, tidak lebih dari 30 menit. Akan ada bahaya yang timbul jika tidur terlalu lama, salah satu contohnya seperti pusing atau sakit kepala.

Tidur Siang Membuat Awet Muda

Tidur Siang

Berdasarkan dari suatu penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuwan Yunani, memperoleh hasil jika mereka yang tidur siang selama 30 menit lamanya, selama 3 kali dalam seminggu, bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) hingga sebesar 30%.

Tidak hanya itu saja, tidur siang juga bisa mempercepat proses metabolisme tubuh, mencegah adanya penuaan, meningkatkan memori dan bisa membuat tubuh menjadi jauh lebih segar.

Sementara itu, para peneliti yang berasal dari Selandia Baru berhasil membuktikkan jika orang-orang yang tidur siang secara singkat, selama 40 menit, bisa menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang jauh lebih baik, dibanding mereka yang sama sekali tidak tidur siang.

Banyak contoh orang-orang terkenal yang mempunyai kebiasaan tidur siang, seperti :
  • Albert Einstein
  • Nikola Tesla
  • Leonardo da Vinci [1]


Benarkah Tidur Siang Bisa Membuat Awet Muda?

Apabila seseorang kurang tidur, tentu akan terlihat suatu kondisi lelah yang mana situasi ini terpancar dengan jelas, terlebih pada wajah. Seperti halnya muncul kantong mata, kulit wajah yang kusam dan lain sebagainya.

Menurut dari para ahli dermatologist, hal ini terjadi dikarenakan adanya pembuluh darah yang melebar, diakibatkan dari kurang tidur. Alhasil, tentu akan muncul lingkaran gelap yang terjadi di sekitar mata.

Tidak hanya itu saja, kurang tidur siang juga bisa membuat wajah akan terlihat seperti frustasi atau muncul rasa stres. Efek yang ditimbulkan itu bisa kian parah jika mengonsumsi alkohol dan merokok.

Maka dari itu, pastikanlah jika memiliki porsi tidur siang dan tidur malam yang cukup. Semua itu dilakukan agar kita bisa memperoleh hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar dan kulit wajah terlihat cantik serta awet muda. Perawatan wajah saja juga tentu belum cukup. Karena pasalnya, ternyata tidur juga ikut mempengaruhi penampilan kulit wajah. [2]

Jam Berapa Sebaiknya Tidur Siang?

Waktu tepat atau waktu yang terbaik untuk tidur siang ialah pada pukul 14.00 hingga 15.00 (pukul 2 siang hingga 3 siang).

Kemungkinan besar ini waktu yang sangat tepat di mana Anda mengalami rasa kantuk setelah makan siang. Dengan melakukan tidur siang, tentu produktivitas akan meningkat, badan lebih bugar dan segar.

Tidur siang membuat gemuk? Tidur siang cukup 30 menit saja,  tak boleh tidur siang yang terlalu lama, karena bukan malah memberikan manfaat, melainkan akan membahayakan.

Manfaat Tidur Siang :

Hal yang Harus Diperhatikan saat Tidur Siang

1. Perhatikan Kebersihan

Untuk mendapatkan kualitas tidur siang yang baik, terlebih dahulu tempat yang mana akan dilakukan tidur siang, apakah kotor atau bersih.

Jika lingkungan sekitar kotor, tentu nanti saat tidur siang atau bangun, badan terasa gatal dan malah menjadi tidak enak badan.

2. Posisikan Kepala Lebih Tinggi

Di saat tidur siang, pastikan menggunakan bantal. Hal ini diperlukan untuk memastikan posisi kepala lebih tinggi dibandingkan badan.

Cara tidur ini konon bisa sangat bermanfaat dalam melancarkan aliran peredaran darah dan suplai oksigen ke seluruh bagian wajah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner