Jumat, 15 Desember 2017

Bukan Main! 7 Penyebab Bau Mulut Ketika Bangun Tidur

Saat menjelang waktu tidur tiba, waktu ini menjadi waktu yang sangat tepat untuk bisa membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Hal ini dikarenakan adanya sisa-sisa makanan itu bisa merusak lapisan gigi dan membuat pertumbuhan bakteri berkembang dengan sangat pesat.

Akan tetapi, terkadang, walau sudah menyikat gigi dengan baik dan benar, masih ada juga banyak orang yang mengeluhkan adanya bau mulut yang sangat mengganggu ketika bangun tidur, seakan-akan orang itu tak sikat gigi sebelumnya, sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya?

Bau mulut pada umumnya bisa terjadi secara permanen atau sementara. Gangguan ini mampu memberikan dampak atau efek negatif bagi si penderita. Akan tetapi, bau mulut saat bangun tidur nampaknya hampir dialami oleh semua orang.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab bau mulut saat atau ketika atau setelah kita bangun dari tidur? Apakah berbahaya dengan hal tersebut?

Penyebab Bau Mulut Ketika Bangun Tidur

Penyebab Bau Mulut Ketika Bangun Tidur

1. Kurangnya Produksi Air Liur

Menurut dari Academy of General Dentistry, ada sekitar sebanyak 80 juta orang yang menderita adanya bau mulit ini. Sementara itu, ada juga yang menderita bau mulut pada kondisi atau situasi yang tertentu seperti di pagi hari atau setelah makan makanan yang pedas.

Mengonsumsi berbagai obat-obatan tertentu juga ternyata bisa mengakibatkan timbulnya bau mulut yang ada di pagi hari. Kurang menjaga kebersihan mulut itu sendiri juga bisa mengakibatkan bau yang sangat tak sedap.

Bau mulut yang terjadi di pagi hari sebagian besar itu memiliki kaitan dengan kurangnya air liur. Perlu diketahui, saat kita tidur, produksi air liur menurun.

2. Tidur Mendengkur

Mendengkur atau bernapas dengan melalui mulut di malam harinya juga ternyata bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya bau mulut.

Di saat sedang mendengkur, posisi mulut menjadi terbuka, sehingga bisa menyebabkan mulut menjadi kering dan mengakibatkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang cukup pesat. [1]

3. Bakteri yang Menumpuk

Saat bangun tidur, mulut akan berbau karena disebabkan oleh adanya bakteri yang menumpuk secara serentak dan bakteri tersebut mengeluarkan senyawa dengan aroma yang sangat tak sedap.

Bahkan, berdasarkan dari penelitian, jumlah bakteri yang ada di dalam mulut manusia jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah seluruh orang yang ada di dunia atau di bumi.

Bayangkan saja jika dengan jumlah bakteri yang saking banyaknya, dengan mulut yang tertutup rapat, tak ada ventilasi untuk udara bisa keluar dan masuk serta pelepasan senyawa kimia berbau yang dihasilkan oleh bakteri, maka hal itu tentunya sangat masuk akal.

4. Efek Samping Penggunaan Pasta Gigi

Ternyata, ada efek samping dari penggunaan pasta gigi. Para ahli mengungkap jika dengan menggunakan bahan yang ada di pasta gigi itu justru membuat bakteri bisa berkembang biak semakin cepat.

Hal ini memang sangat membingungkan, padahal di saat akan tidur, kita disarankan untuk menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut, namun ternyata juga ada efek samping di dalamnya dari penggunaan pasta gigi tersebut.

5. Makanan yang Dikonsumsi

Tidak hanya masalah bakteri saja, ada juga hal lain yang membuat mulut menjadi bau saat bangun tidur, yakni karena makanan yang dikonsumsi, mulai pagi hingga ketika akan beranjak untuk tidur.

Beberapa makanan, ternyata mempunyai peran dalam menciptakan bau yang tak sedap selama tidur, yang mana disebut dengan nama Saliva. Tak hanya menciptakan aroma yang tak sedap, saliva juga menjadi faktor dasar yang menyebabkan banyaknya bakteri yang muncul di dalam mulut manusia.

Menurut dari penelitian, bakteri yang ada di dalam mulut manusia itu begitu banyak dan di setiap tempat mempunyai koloni yang berbeda-beda.

Bakteri inilah yang menyerap energi dari amino acid dan protein dari pencernaan manusia. Pada beberapa amino acid, berisi akan senyawa sulfur yang akan mengeluarkan bau tak sedap saat bakteri mulai memprosesnya. [2]

6. Mulut yang Kering

Air liur memiliki peran yang sangat penting dalam membersihkan partikel makanan yang masih tersisa di dalam mulut, untuk menghindari adanya pertumbuhan bakteri.

Penurunan produksi air liur pada saat mulut kering juga ternyata bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut, sehingga ini yang menjadi penyebab bau mulut.

7. Kesehatan Mulut yang Buruk

Menurut dari Nejad dan Stanley, biasanya yang menjadi penyebab pertama terjadinya bau mulut dikarenakan adanya masalah periodontal seperti gingivitis dan periodontitis (penyakit yang terjadi pada gusi), yang mana sudah terbukti bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Hal ini menunjukkan jika kesehatan mulut juga ternyata memiliki kaitan erat dengan kondisi kesehatan yang lain, yang juga dikenal sebagai koneksi mulut-badan atau oral systemic link.

Pencegahan Bau Mulut

Secara normal, seseorang tak bisa menghilangkan bau mulut yang tak sedap di pagi hari, karena hal itu memang menjadi fungsi normal dari pengurangan air liur dan pembiakan sementara dari beberapa jenis bakteri.

Akan tetapi, bau mulut masih bisa dikurangi dengan tetap menjaga kebersihan mulut dengan cara menghapus plak dengan pembersihan secara rutin, menyikat gigi dan flossing bisa mengurangi makanan untuk bakteri yang ada di mulut, yang mana pada akhirnya bisa mengurangi bau mulut di saat bangun tidur.

Adanya kerusakan gigi dan penyakit gusi yang terjadi karena kurangnya kebersihan mulut yang buruk ini juga bisa membuat bakteri berkembang biak dan menambah masalah pada bau mulut. [3]
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner