Sabtu, 09 Desember 2017

Menakjubkan! 10 Manfaat Tidur Siang bagi Remaja

Siapa yang tak kenal dengan tidur siang? Tidur siang tentunya memiliki jutaan manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, terutama bagi remaja.

Manfaat tidur siang ini bisa didapat jika kita atau semua orang melakukan tidur siang tak lebih dari 30 menit, yang terpenting, tidak boleh tidur siang terlalu lama, karena justru tidur siang yang terlalu lama itu berbahaya dan bisa menimbulkan pusing, sakit kepala dan lain sebagainya.

Karena memang istirahat di waktu siang itu dibutuhkan, alangkah baiknya jika ada waktu dan tempat yang nyaman, lakukanlah tidur siang, karena setelah bangun dari tidur siang, bisa menunjang kreativitas dan kinerja aktivitas di hari itu dengan lebih baik dan lebih fokus.

Maka dari itu, setelah mengetahui secara umum mengenai manfaat dari tidur siang, maka sekarang kita bahas lebih lanjut dan lebih lengkap manfaat pentingnya bagi remaja.

Manfaat Tidur Siang bagi Remaja

Tidur Siang

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan

Dalam beberapa riset yang sudah dilakukan di Amerika Serikat mengungkap jika seseorang, entah itu anak ataupun remaja yang tengah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan, jika rutin beristirahat dengan cara tidur siang, mempunyai kualitas pertumbuhan yang jauh lebih baik dan optimal, dibandingkan dengan anak-anak yang kehilangan waktu tidur siang mereka.

Mengapa bisa begitu? Karena jawabannya, hormon pertumbuhan H-GH atau yang disebut dengan Human-Growth Hormone akan bekerja jauh lebih optimal dalam mengalirkan darah saat kalian sedang tidur siang.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan tidur siang, tentu bisa mencegah datangnya berbagai macam bentuk penyakit di dalam tubuh. Pada umumnya, usia remaja akan terserang sakit saat daya tahan tubuh sedang lemah dan dengan melemahnya daya tahan tubuh itu disebabkan oleh beberapa macam hal, yang mana salah satunya ialah waktu istirahat anak yang kurang.

Anak-anak atau remaja harus diberikan waktu istirahat yang cukup, sesuaikan kebutuhan tidur dengan seusianya. Apabila anak-anak atau remaja kurang istirahat, maka metabolisme tubuh akan terganggu dan demikian bisa membuat daya tahan tubuh menjadi melemah.

Melemahnya daya tahan tubuh seseorang tentu bisa mempermudah beragam penyakit untuk bisa masuk ke dalam tubuhnya. Sebaiknya, mulai sekarang terapkan pola tidur yang lebih baik.

3. Memperbaiki Kualitas Mood

Seseorang yang mempunyai kualitas tidur yang baik, pada umumnya akan jauh lebih bahagia, dibandingkan dengan seseorang yang tak cukup tidur. Biasanya, seseorang yang memiliki waktu tidur kurang dari yang disarankan, cenderung mudah emosian dan terkadang mudah cemas.

Hal ini bisa dimengerti, karena kondisi tubuh yang tidak nyaman, rasa lelah dan adanya rasa stres yang sangat mengganggu. Seseorang tersebut akan serba salah dalam mengambil keputusan dan lebih mudah emosian atau emosional.

Dengan tidur siang, tubuh bisa jauh lebih segar, lebih ceria dan lebih cerdas, yang mana hal ini akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang, selagi masih muda. Jangan pernah abaikan manfaat tidur siang untuk anak, karena ini sangat berguna dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh.

4. Membuat Diri Lebih Bahagia

Tidur siang membuat diri menjadi lebih bahagia, tentu saja! Hal tersebut sudah dibuktikan dalam beberapa riset, yang menunjukkan jika orang yang aktif tidur siang hari memiliki resiko rendah mengalami stres, dibandingkan dengan mereka yang jarang tidur siang.

Orang yang tidak tidur lemas, cenderung akan terlihat sedih, lemas, lesu dan kurang bersemangat, dibandingkan dengan mereka yang aktif tidur siang. Maka dari itu, usahakan untuk memperoleh kualitas tidur siang yang cukup dan mulailah istirahat sekarang.

5. Meningkatkan Kreativitas

Bagi mereka yang sering atau aktif dalam tidur siang akan bisa menciptakan ide yang baru dan kreasi yang luar biasa. Beberapa ahli mengungkap jika tidur siang ini bisa meningkatkan persepsi sensorik yang sama seperti halnya dengan tidur malam.

Bagi mereka yang aktif tidur siang, cenderung jauh lebih baik dalam menciptakan ide dan karya yang sangat luar biasa. Tentu, hal ini adalah hal yang sangat berguna dan bermanfaat, karena dengan pola tidur yang baik bisa menciptakan kualitas tidur yang baik juga.

6. Mengistirahatkan Tubuh

Tidur menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan organ tubuh dan otak yang sudah lelah dengan berbagai macam aktivitas yang telah dijalani selama seharian penuh.

Saat terbangun dari waktu tidur, maka kita akan merasa jauh lebih tenang, lebih nyaman dan badan menjadi lebih segar. Jika kurang tidur siang, hingga merasa kelelahan, di saat inilah kita akan mudah terserang oleh penyakit.

7. Mengembalikan Stamina

Dengan berbagai macam banyaknya aktivitas seharian yang sudah dilakukan baik itu saat belajar di sekolah atau berada di luar rumah dan lain sebagainya, tentu kita akan merasa kelelahan.

Yang menjadi salah satu obatnya untuk mengembalikan stamina tubuh agar lebih bugar ialah tidur siang, salah satunya. Dengan kembalinya stamina, tentu kita akan jauh lebih aktif dalam menjalankan aktivitas yang selanjutnya, karena energi tubuh sudah kembali optimal. [1]

8. Meningkatkan Daya Ingat

Tidur siang juga bisa meningkatkan daya ingat. Tidur siang ini bisa memperbaiki kemampuan dalam mengingat berbagai mata pelajaran yang sudah dilewati. Coba belajar kembali setelah tidur siang, bagaimana rasanya?

Terutama untuk anak sekolah, tidur siang bisa meningkatkan kemampuan dalam menghapal sesuatu.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Tidak hanya baik bagi daya ingat saja, tidur siang juga bisa meningkatkan konsentrasi.

Kemampuan menyelesaikan tes atau soal, baik itu pelajaran atau tes psikomotorik bisa jauh lebih terkoordinasi dan mampu memberikan hasil yang jauh lebih optimal.

10. Mampu Mengatasi Insomnia

Bagi anak-anak atau usia remaja yang tidur siang setidaknya 10 hingga 30 menit di siang hari bisa jauh lebih nyenyak tidurnya di malam hari, dibandingkan dengan tak tidur siang secara teratur.

Manfaat tidur siang untuk kesehatan remaja ini memang memiliki peranan penting dalam memaksimalkan potensi perkembangan otak. Mulai dari sekarang, biasakanlah tidur siang. [2]

Kesimpulan

Tidur siang, terlebih diantara pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB itu membawa beragam atau jutaan manfaat bagi siapa saja yang melakukannya, terlebih dilakukan secara teratur, yang sangat baik bagi tubuh.

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, melainkan juga tidur siang bisa memainkan peranan penting dalam memaksimalkan fungsi atau peranan otak agar bisa bekerja secara optimal, sebagaimana mestinya.

Selain itu, masih terselip pertanyaan, benarkah tidur siang bisa membuat awet muda? Benarkah bisa membuat gemuk tubuh? Yuk segera baca artikelnya dan agar rasa penasaran kalian bisa terjawab!

Mulai sekarang, coba dan rutinkan tidur siang!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner