Kamis, 19 Oktober 2017

Jam Berapa Sebaiknya Tidur Siang? Ini Jawabannya!

Kerap kali merasa mengantuk setelah jam makan siang? Jika Anda memang sedang bekerja, mungkin sulit untuk mengikuti tuntutan tubuh tersebut untuk melakukan tidur siang.

Walaupun, memang pada nyatanya, dengan tidur siang bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh bagi siapa saja, entah itu manfaat tidur bagi anak-anak ataupun bagi orang dewasa.

Tidur di siang hari kerap kali dihadapkan terhadap stigma sosok yang malas atau kurang antusias dalam melakukan atau merampungkan pekerjaannya. Nyatanya, statement tersebut tak sepenuhnya benar!

Justru, dengan melakukan tidur siang, bisa meningkatkan tingkat produktivitas seseorang.

Melihat dampak positif dari adanya tidur siang ini, sekarang terlihat jika banyak perusahaan yang sudah mulai menerapkan suatu kebijakan baru bagi para karyawannya. Contohnya Google dan Facebook yang memberi ruangan khusus untuk pegawai mereka yang ingin tidur siang.

Jam Berapa Sebaiknya Tidur Siang?

Tidur Siang

Pertanyaan tersebut pasti muncul di benak kita setelah kita mengetahui manfaat dari tidur siang itu sendiri yang ternyata mampu menimbulkan efek positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Beberapa manfaat kecil dari adanya tidur siang seperti :
  • Mengurangi rasa lelah
  • Mampu meningkatkan konsentrasi
  • Memperbaiki mood
  • Mampu meningkatkan kinerja, termasuk reaksi yang jauh lebih cepat, daya ingat yang lebih baik, menekan kemungkinan terjadinya kecelakaan, kesalahan, hingga kebingungan.

Tidur siang dianggap paling efektif, dibandingkan dengan menambah durasi waktu tidur malam.

Kapan Waktu Terbaik Tidur Siang?

Waktu terbaik untuk melakukan tidur siang ini ialah pada pukul 14.00 hingga 15.00 (jam 2 siang hingga 3 siang).

Kemungkinan besar ini menjadi saat yang tepat di mana Anda mengalami rasa kantuk setelah makan siang. Dengan tidur siang, produktivitas dalam bekerja juga bisa lebih meningkat karena setelah bangun, badan akan terasa segar dan bugar.

Berapa Lama Sebaiknya Tidur Siang?

Tidur siang dengan jangka waktu yang terlalu lama itu tak terlalu disarankan, atau malah justru membahayakan kondisi tubuh.

Jangka waktu yang ideal untuk tidur siang ini hanya sekitar 20 hingga 30 menit saja sudah cukup. Tidak perlu berjam-jam lamanya untuk tidur siang!

Apa yang akan terjadi jika tidur lebih dari durasi itu? Yang akan terjadi pada tubuh ialah akan merasa nyenyak, namun sulit untuk bangun. Individu yang tidur siang lebih dari 30 menit atau tidur terlalu lama, kemungkinan akan masuk ke dalam siklus tidur non-REM, yang mana periode ini akan terasa seperti kondisi mabuk. Hal ini disebut dengan nama inersia tidur.

Kapan Kita Membutuhkan Tidur Siang?

Ada beberapa macam kondisi yang membuat tidur siang itu lebih dibutuhkan oleh orang dewasa, pada saat :
  • Orang dewasa yang cenderung mengalami kurang tidur di malam hari, semisal karena harus bekerja larut malam dengan jangka waktu yang panjang.
  • Merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas atau rasa kantuk yang tiba-tiba datang menghampiri yang sudah tak bisa ditahan lagi.

Namun, ternyata tak semua orang bisa merasa nyaman saat tidur siang. Sebagian orang merasa jika dengan tidur siang malah membuat sulit saat tidur di malam hari. Sementara itu, untuk sebagian yang lain memang tak terbiasa dengan tidur siang.

Tidur siang memang mampu menjadi salah satu cara yang efektif sebagai salah satu bentuk relaksasi dan memulihkan tenaga. Akan tetapi, untuk sebagian orang dengan kondisi tertentu, ada baiknya untuk tidak tidur siang.

Sementara itu, ada juga yang beranggapan jika tidur siang bisa membuat seseorang menjadi gemuk. Benarkah? Simak ulasan tuntas di link tersebut!

Orang-orang yang Sebaiknya Tidak Tidur Siang

  • Orang yang sering mengalami gangguan tidur. Tidur siang yang singkat, pada umumnya tak akan mempengaruhi waktu istirahat di malam hari. Akan tetapi, untuk yang mengalami semacam insomnia atau gangguan tidur yang lain, hal ini malah bisa memperparah atau memperburuk kondisi tersebut.
  • Inersia Tidur. Yakni disorientasi dan rasa pening yang terjadi setelah bangun dari tidur yang sulit untuk dihilangkan. [1]

Tips agar Memperoleh Waktu Tidur Siang yang Baik

Tidur Siang

1. Buatlah Suhu Ruangan yang Sejuk

Cara yang mudah atau sederhana ialah dengan membuat ruangan menjadi sejuk, contoh kecilnya dengan memasang kipas angin elektrik atau pendingin ruangan. Anda sendiri yang harus menentukan seberapa sejuk suhu udara yang bisa membuat Anda nyaman dan bisa cepat tertidur.

2. Matikan Ponsel/Smartphone

Radiasi yang dihasilkan dari ponsel atau smartphone bisa menyebabkan waktu yang lebih lama untuk tubuh bisa memasuki ke dalam tahap tidur yang nyenyak. Jadi, alangkah baiknya untuk mematikan terlebih dahulu ponsel Anda. Gunakan alarm yang ada baterainya saja, dibandingkan alarm yang ada di ponsel.

3. Hindari Tidur Sore Hari

Jika tidur siang setelah pukul 3 atau 4 sore, ini tidak baik bagi tubuh. Terutama jika memang Anda mengalami susah tidur atau yang dinamakan dengan insomnia. Tidur terlalu sore bisa membuat Anda menjadi lebih sulit untuk tidur malam.

4. Coba Buat Suasana Gelap

Untuk membuat suasana gelap, caranya mudah, bisa dengan menutup pintu, matikan lampu dan mulai tidur dengan nyaman.

5. Hilangkan Suara dan Gangguan

Sebelum tidur siang, hilangkan atau hindari suara atau gangguan yang bisa mengganggu waktu tidur, seperti suara televisi, suara musik dan lain sebagainya. Buatlah situasi yang hening dan segera beranjak tidur siang.

6. Berbaring dengan Posisi yang Nyaman

Meskipun Anda sedang berada di tempat kerja atau di tempat selain kamar tidur Anda, berbaring pada sebuah sofa bisa menjadi pilihan bagus. Atau bisa juga dengan membuat permukaan empuk di lantai yang bisa digunakan untuk merebahkan diri.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner