Selasa, 12 September 2017

6 Akibat Tidur Terlalu Lama pada Siang Hari (Bahaya)

Apakah memang Anda merupakan salah satu contoh dari kebanyakan orang yang gemar atau bahkan suka berlama-lama dalam tidur siang? Mungkin saja Anda tak akan percaya jika akibat tidur terlalu lama di siang hari memunculkan banyak gangguan bagi kesehatan.

Biasanya, orang yang tidur lama di siang hari dikarenakan pada malam hari tak tidur dengan waktu yang cukup atau tidur dengan tambahan beban, sehingga tidur di malam hari menjadi tidak puas dan nyenyak, akhirnya harus tergantikan oleh tidur siang yang memakan waktu cukup lama.

Kebanyakan, memang bagi orang dewasa itu membutuhkan waktu tidur kurang lebih 7 hingga 9 jam dalam 1 hari agar bisa memperoleh rasa bugar saat bangun dari tidurnya.

Tidurlah dengan waktu yang cukup, dengan waktu yang disarankan, karena memang baik itu kurang tidur atau keseringan tidur itu menandakan adanya gangguan yang terjadi di dalam tubuh kita. Karena memang pada dasarnya, otak sudah bisa kembali segar dengan waktu tidur yang cukup.

Tidur siang yang baik ialah antara jam 1 siang hingga jam 3 sore dan tentu dengan melakukan tidur siang ini sangat bermanfaat, baik itu manfaat bagi anak-anak hingga dewasa.

Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama (Lebih dari 30 Menit)

Tidur

Memang disarankan atau direkomendasikan jika tidur siang itu secukupnya saja. Waktu yang cukup untuk tidur siang ialah 30 menit karena waktu singkat tersebut ternyata dari hasil penelitian, mampu meningkatkan tingkat produktivitas seseorang.

Akan tetapi, akan beda cerita jika seseorang tersebut tidur terlalu lama di siang hari.

1. Menghambat Produksi Insulin dan Meningkatkan Resiko Diabetes

Salah satu contoh penelitian mengungkap jika dengan adanya tidur siang yang terlalu lama, lebih dari 30 menit atau bahkan lebih dari 60 menit, mampu memicu tubuh dalam mengalami penghambatan untuk produksi insulin.

Insulin menjadi salah satu zat yang alami diproduksi oleh ginjal dalam rangka membantu mencerna gula darah, sehingga bisa meringankan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

Bayangkan saja jika produksi insulin yang ada di dalam tubuh itu menjadi terhambat. Tentu hal tersebut akan menyebabkan gula darah di dalam tubuh Anda menjadi tidak seimbang alias tidak terkontrol serta tak mampu tercerna dengan baik.

Yang lebih berbahayanya lagi, apabila hal ini dibiarkan terlalu lama dan bahkan berubah menjadi suatu bentuk kebiasaan di siang hari, maka tentu saja ini akan menimbulkan dampak yang lebih buruk, yang mana mampu menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

2. Tubuh Kian Mengantuk dan Lemas Setelah Bangun Tidur

Tidur siang memang nyatanya itu baik bagi kesehatan untuk bisa meningkatkan konsentrasi, fokus dan produktivitas di saat sedang lelah. Nyatanya, tidur siang yang baik itu hanya 30 menit saja.

Yang tidak boleh dilakukan ialah tidur siang yang terlalu pulas. Jika tidur siang terlalu lama, maka tubuh tidak akan merasa segar, yang terjadi malahan tubuh menjadi lemas dan kian mengantuk karena memang terlalu lama tidur siang.

Hal ini tentu akan berakibat fokus dan konsentrasi yang kita miliki akan mengalami gangguan.

3. Pusing dan Sakit Kepala

Mungkin pembahasan nomor 3 ini adalah pembahasan yang seringkali dialami oleh Anda yang tidur siang dengan waktu yang lama.

Ini bukan main-main karena memang nyatanya benar! Tidur siang yang terlalu lama ternyata mampu mengakibatkan terjadinya kepala yang sering pusing dan sakit kepala.

Kelamaan tidur saat siang hari ini akan menghambat suplai oksigen ke otak yang sangat minim, begitu juga halnya dengan suplai darah menuju ke otak. Hal ini tentu akan menyebabkan kepala menjadi sangat pusing dan merasa sakit. [1]

4. Beresiko Mengalami Sindrom Metabolik

Pakar kesehatan mengungkap jika tidur siang yang terlalu lama memang mampu membuat tubuh beresiko mengalami masalah sindrom metabolik, suatu kondisi tubuh yang memiliki kaitan erat dengan tingginya tekanan darah, kadar lemak di dalam tubuh tinggi, tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, serta tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.

Yang lebih mengerikan lagi, sindrom metabolik ini sendiri memiliki kaitan yang erat dengan meningkatnya resiko masalah yang terjadi di jantung hingga penyakit diabetes.

Berdasarkan dari suatu penelitian yang telah dilakukan, setidaknya melibatkan hingga 307.000 orang atau partisipan, memberikan hasil jika bagi mereka yang memiliki kebiasaan waktu tidur siang kurang dari 40 menit dalam sehari, cenderung tak akan terjadi peningkatan resiko sindrom metabolik.

Sementara itu, bagi partisipan yang tidur siang dengan durasi antara 40 menit hingga 90 menit setiap harinya mampu meningkatkan resiko terkena sindrom metabolik hingga 50%! [2]

5. Mengganggu Waktu Biologis

Bahaya yang lain yang akan ikut muncul akibat dari tidur siang yang terlalu lama yakni lebih dari 60 menit bisa menyebabkan terjadinya gangguan waktu atau jam biologis.

Terganggunya jam biologis ini cukup mirip dengan kemunculan gejala "jet lag", saat kita bepergian dengan menggunakan pesawat. Keadaan yang terjadi ini mampu menyebabkan kita menjadi merasa bingung dan kemungkinan mengganggu waktu tidur kita secara normal, sama halnya dengan pola makan.

6. Memicu Timbulnya Insomnia

Dampak yang lain dari bahaya tidur siang terlalu lama atau terlalu berlebihan ialah mampu memicu atau menimbulkan gangguan insomnia. Insomnia adalah salah satu gangguan di mana seseorang tak mampu tidur di waktu malam.

Salah satu penyebabnya juga ini, tidur siang yang terlalu lama. Hal ini mampu menyebabkan tubuh kita menjadi merasa lebih segar di malam hari, sehingga kita di malam hari tak bisa mengistirahatkan tubuh dan pada akhirnya mengalami insomnia.

Manfaat Tidur Siang :

Kesimpulan

Dr Tomohide Yamada yang merupakan seorang pakar kesehatan yang berasal dari University of Tokyo dan terlibat di dalam penelitian dengan 307.000 partisipan itu mengungkap jika tidur siang memang baik bagi kesehatan pada umumnya.

Akan tetapi, melihat adanya fakta yang mana durasi tidur siang dan sindrom metabolik yang ternyata memiliki kaitan erat, maka ada baiknya bagi kita juga mau membatasi waktu tidur siang itu untuk menurunkan resiko yang berbahaya ini.

Sementara itu, ada juga yang mengaitkan jika tidur siang bisa membuat gemuk, nyatanya, itu salah besar!

Walau memang Anda merasakan kantuk berlebih karena adanya rasa lelah yang mengintai, Anda bisa mencoba untuk menyalakan alarm sekitar 30 menit Anda tidur sehingga kebutuhan tidur siang Anda sudah tercukupi dan tidur malam hari bisa rileks dan tidur dengan nyaman.
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
 

Delivered by FeedBurner