Selasa, 09 Januari 2018

Ternyata, Ini 9 Manfaat Lari Pagi bagi Wanita!

Manfaat lari pagi bagi siapapun itu sangatlah banyak, terutama bagi wanita. Banyak yang menyebutnya lari pagi dengan nama jogging. Yang terpenting, apapun sebutannya, jangan lupa berolahraga.

Olahraga yang saat ini populer di kalangan masyarakat ialah lari. Hampir setiap minggunya kita bisa melihat saat Car Free Day (CFD) banyak orang atau peserta berdatangan untuk melakukan lari pagi atau jogging, mencari keringat sembari berwisata kuliner.

Lari ini sekarang tidak hanya identik bagi pria saja, melainkan juga bagi wanita. Bagi wanita itu sendiri banyak manfaat yang diberikan.

Lakukan olahraga secara rutin dan teratur, namun tidak melakukan lari pagi selama 1 minggu penuh, cukup 6 kali dalam seminggu saja dan mampu memberi waktu 1 hari guna memulihkan otot-otot tubuh.

Selain menjadi olahraga yang merakyat, olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja, entah sendirian atau bersama-sama.

Nah sekarang, kenalilah manfaat jogging atau melakukan lari pagi ini bagi para wanita!

Manfaat Lari Pagi bagi Wanita

Manfaat Lari Pagi bagi Wanita

1. Memudahkan Pola Diet

Wanita kini tak terlalu untuk memaksakan bisa berlari cepat dalam membakar kalori. Namun, berlari dengan kecepatan sedang dan santai justru bisa membakar kalori lebih banyak di dalam tubuh.

Tentu dengan kalori yang terbakar secara optimal bisa memudahkan pola diet seorang wanita yang jauh lebih mudah.

2. Membantu Mengatasi Nyeri Menstruasi

Apakah kamu memang wanita yang tengah mengalami menstruasi saat ini? Jangan khawatir, karena dengan melakukan olahraga lari pagi bisa mengurangi rasa tak nyaman saat menstruasi sedang berlangsung.

Saat wanita berlari, secara otomatis, tubuh akan memunculkan hormon endorfin yang mana hormon ini ada di tubuh manusia yang bisa membuat mereka bahagia dan mampu menghilangkan rasa nyeri yang timbul akibat menstruasi.

3. Mampu Mengencangkan Tubuh

Karena jarang melakukan gerak, biasanya otot tubuh menjadi kendur atau melar. Pastinya tidak mau kan jika bentuk tubuh menjadi tidak karuan?

Namun tenang saja, dengan melakukan olahraga lari ini, tubuh yang menggelambir karena lemak bisa kencang karena otot yang dilatih dengan baik dan lemak yang dibakar. Dengan olahraga ini juga, kalori yang menumpuk di dalam tubuh bisa dibuang dengan baik, sehingga otot tubuh terlihat jauh lebih padat dan kencang.

4. Membantu Mengatasi Insomnia

Kamu sering mengalami insomnia? Atau bahkan sulit tidur karena mengalami stres dan tekanan dari jadwal kegiatan yang sangat padat setiap harinya? Cobalah untuk rutin melakukan olahraga lari.

Saat lari, tubuh akan mengeluarkan asam laktat dan ini pertanda jika adanya terkanan terhadap kegiatan aktivitas tubuh. Saat kamu olahraga lari di sore hari misal, malam harinya kemungkinan besar kamu bisa tidur jauh lebih nyenyak.

5. Melatih Pernapasan

Sering gampang atau mudah lelah karena napas yang pendek atau bahkan sering sesak napas karena stres? Jawabannya lakukanlah lari! Olahraga lari ini adalah salah satu jenis olahraga yang paling baik dalam memperpanjang napas.

Bisa dengan mengawali lari jarak dekat terlebih dahulu, baru setiap tahap demi tahap di tambah jaraknya demi meningkatkan kekuatan pernapasan kita. Jika sistem pernapasan sudah baik, maka peredaran darah juga jauh lebih baik sehingga kesehatan jantung bisa ikut terjaga.

6. Mengatasi Stres

Hidup di zaman yang semakin modern ini, muncul begitu banyak tantangan dan tekanan yang harus kita hadapi. Akibatnya, kita menjadi rentan terkena stres dan salah satu cara mengatasi hal tersebut dengan melakukan olahraga, yakni lari.

Dengan lari, kita bisa meluapkan emosi, tenaga dan tekanan yang ada di pikiran semuanya akan sirna. Kita juga bisa mendengarkan musik untuk mengoptimalkan hasil untuk melenyapkan stres hingga tuntas.

7. Membuat Wajah Menjadi Awet Muda

Dengan melakukan olahraga lari secara rutin, maka rona wajah akan ikut kembali cerah. Ditambah dengan kita bisa dengan mudah mengelola stres yang ada di dalam diri.

Salah satu dampak yang ditimbulkan ini, wajah bisa menjadi terlihat lebih awet muda. Di zaman sekarang, untuk awet muda itu tak harus selalu dengan menggunakan perawatan yang mahal.

8. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Wanita tentu sangat peduli dengan kecantikan kulit mereka dan olahraga lari menjadi salah satu solusi yang tepat. Ahli dermatologi mengungkap jika olahraga lari bisa mengangkat racun di tubuh, sehingga terjadi penurunan lemak di kulit dan membuat lebih sehat dan kencang.

9. Mencegah Penyusutan Otak

Sisakanlah sedikit waktu kalian setelah bekerja dengan melakukan olahraga. Karena nyatanya, lari bisa merangsang sel saraf, seperti neurogenesis dan pembuluh darah yang bisa mencegah terjadinya penyusutan otak, seperti menurut J. Carson Smith, Ph.D, asisten professor di University of Maryland.

Kesimpulan

Sisakanlah waktu walau sedikit untuk rutin melakukan olahraga lari. Sesibuk apapun aktivitas atau kegiatan kita setiap harinya, jangan lupa untuk meluangkan waktu walau sebentar, walau beberapa menit saja untuk olahraga.

Jawabannya ialah olahraga lari karena memang olahraga ini olahraga yang sangat merakyat dan mudah untuk dilakukan kapan saja, di mana saja, entah sendiri atau bersama dengan orang lain. Yuk mulai hidup sehat sekarang!
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner