Minggu, 07 Januari 2018

Hindari Sekarang! Inilah 12 Makanan Penyebab Bau Mulut

Tahukah kamu setelah dilakukan penyelidikan secara lebih lanjut, banyak makanan di sekitar kita menjadi penyebab bau mulut. Bahkan, makanan yang menyebabkan bau mulut tersebut tak jarang adalah makanan yang kita gemari.

Aroma mulut yang menimbulkan bau tak sedap tentu bisa membuat diri kita terganggu bahkan orang lain juga bisa terganggu dengan adanya bau mulut yang kita timbulkan.

Teman atau sahabat bisa menjauhi kita dan merasa tak nyaman saat berada di samping kita karena memang mulut kita yang berbau alias beraroma tak sedap. Banyak hal yang menjadi penyebab bau mulut, salah satunya ialah asupan makanan.

Daripada bingung, mari kita simak secara langsung beberapa makanan yang menjadi salah satu penyebab terjadinya bau mulut atau aroma yang sangat tidak sedap.

Makanan Penyebab Bau Mulut

Junk Food, salah satu makanan penyebab bau mulut

1. Kari

Beberapa peneliti yakin dan percaya jika kari bisa mengurangi bau mulut karena di dalamnya terkandung minyak esensial yang sama dengan obat kumur.

Akan tetapi, berdasarkan dari hasil studi pada tahun 2004 di Journal of Clinical Periodontology mengungkap jika minyak ini tak terlalu efektif dalam mengurangi terjadinya bau mulut.

Hal ini tentu bisa menyebabkan jika bumbu-bumbu yang memiliki bau tajam di kari tersebut masih akan tertinggal atau membekas di mulut.

2. Telur

Telur juga ternyata bisa memicu timbulnya bau mulut karena memang telur itu sendiri merupakan makanan yang mengandung banyak protein di dalamnya.

Saat protein tersebut bereaksi dengan cairan asam yang terdapat di saluran pencernaan, protein mampu melepaskan bau yang kurang sedap yang mana bau ini akan terbawa oleh udara pernapasan dan keluar melalui rongga mulut.

3. Bawang

Ada berbagai macam atau jenis bawang, mulai dari bawang putih, bawang bombai, hingga bawang merah yang mana memiliki aroma kuat dan apabila dikonsumsi akan menimbulkan bau mulut atau bau badan yang kurang sedap.

Bahkan, bau yang dihasilkan oleh bawang ini terkadang bisa bertahan hingga beberapa jam lamanya sehingga membuat diri kita menjadi sangat terganggu untuk melakukan berbagai macam aktivitas.


4. Gula

Berbagai macam makanan atau minuman yang mengandung gula, selain membuat gigi menjadi berlubang juga ternyata bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Gula sendiri merupakan makanan bakteri dan mikroba yang ada di mulut.

Tak heran juga jika kadang setelah mengonsumsi gula, terasa plak menempel di gigi dan sangat membuat kita risih. Jadi, alangkah baiknya untuk mengonsumsi gula secukupnya saja.

5. Alkohol

Mengonsumsi alkohol juga ternyata bisa menyebabkan dehidrasi yang mana produksi air liur di mulut menjadi lebih sedikit alias produksinya yang berkurang. Air liur ini memiliki kontribusi yang cukup besar.

Saat air liur sedikit, jumlah bakteri yang ada di mulut jadi lebih banyak. Hal ini yang bisa memicu aroma yang keluar dari mulut tersebut menjadi tak sedap.

6. Daging Merah

Daging merah menjadi salah satu makanan yang mana bisa menimbulkan aroma kurang sedap terhadap mulut. Aroma tubuh juga bahkan bisa ikut terganggu pula.

Hal ini bisa terjadi karena daging merupakan makanan yang cukup sulit untuk dicerna bagi tubuh dan kemungkinan besar bisa mengeluarkan gas yang kurang sedap di tubuh. Jika keluar keringat, biasanya aroma yang dikeluarkan agak berbau.


7. Makanan yang Berserat

Makanan baik yang tinggi serat atau rendah serat juga ternyata bisa memicu timbulnya aroma yang kurang sedap pada mulut, yang mana yang menjadi penyebab karena serat mengandung metana, karbondioksida dan hidrogen yang mana kandungan tersebut mempunyai sifat mengeluarkan gas saat dicerna oleh tubuh.

8. Produk atau Olahan Susu

Susu memang menjadi minuman yang sehat, namun jika dikonsumsi secara berlebih, susu juga berdampak kurang baik untuk aroma mulut dan aroma badan.

Hal ini lagi-lagi karena protein yang terkandung di dalamnya. Namun, kamu juga bisa mencegah atau meredakan bau mulut itu dengan mengonsumsi air putih jika sudah selesai mengonsumsi susu atau olahan susu yang lain seperti halnya keju.

9. Junk Food

Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam atau gula, tepung, minyak dan lain sebagainya cenderung mengandung lemak yang memaksa pencernaan untuk bekerja maksimal dalam mengolahnya.

Junk food menjadi makanan yang tinggi akan lemak dan lemak tinggi tak baik bagi tubuh dan ini bisa menyebabkan terjadinya bau mulut juga.


10. Gorengan

Lemak dan minyak yang ada di dalam makanan yang sudah digoreng ini tentu berlemak dan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh apalagi dikonsumsi secara rutin atau terus-menerus.

Pencernaan menjadi buruk dan bau badan akan menimbulkan aroma yang tak sedap juga.

11. Permen

Di dalam permen pasti terkandung gula yang mana gula lagi-lagi menjadi penyebab terjadinya bau mulut atau aroma yang tak sedap.

Saat berinteraksi dengan gula, bakteri yang ada di dalam mulut akan mengeluarkan zat yang bisa membuat mulut menjadi menimbulkan bau yang tak sedap.

12. Kopi

Bahkan, minuman seperti kopi juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau mulut. Keasaman dan enzim alami yang ada di kopi menyatu dengan air liur yang ada di mulut sehingga membuat mulut beraroma tak sedap.

Saat berbicara dengan orang yang sehabis minum kopi, pasti kita mencium bau yang tak sedap seperti asam-asam bekas kopi yang mana cukup menyengat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner