Sabtu, 11 November 2017

Berapa Lama Tidur Siang yang Baik dan Efektif? Ini Dia!

Tidur siang ternyata memiliki seni juga yang terkandung di dalamnya. Bahkan, dalam beberapa penelitian berhasil disimpulkan jika hasil yang didapat selama tidur siang itu berbeda-beda, tergantung dari kapan dan berapa lama orang tersebut melakukan tidur siang.

Tidur siang yang dilakukan secara salah atau tidak semestinya bisa memberikan hasil yang buruk dan tentunya mempengaruhi kesehatan atau kondisi tubuh seseorang.

Sebaiknya, bagi diri kita pribadi, alangkah baiknya untuk mengatur berapa lama atau durasi waktu tidur siang itu sesuai dengan kebutuhan diri kita sendiri. Apakah memang kita melakukan tidur siang sebagai istirahat dari bekerja, belajar atau kegiatan yang lain.

Berapa Lama/Durasi Tidur Siang yang Baik

Tidur Siang

Tidur Siang Selama 10-20 Menit

Untuk memulihkan tingkat kewaspadaan, tidur siang selama 10 hingga 20 menit sebenarnya sudah cukup.

Hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah mulai mengantuk di saat sedang menyetir. Alangkah baiknya untuk melakukan istirahat dengan berhenti dan tidur sejenak untuk memulihkan dan meningkatkan kewaspadaan.

Dengan waktu ini juga bisa membuat stamina Anda kembali lebih segar seperti sediakala. Selain bermanfaat bagi kesegaran tubuh dan bermanfaat bagi anak-anak, waktu tidur ini juga begitu mendukung kesehatan mental Anda. [1]

Tidur Siang Selama 30 Menit

Tidur siang kurang lebih selama 30 menit ini sangat membantu dalam meningkatkan konsentrasi Anda kembali. Di malam hari, bagi seseorang yang tidur siang, waktu malam jadi terlihat lebih fit karena bisa menyimpan energi saat melakukan tidur siang tadi.

Tidur siang bagi orang-orang yang rutin melakukan kegiatan ini juga ternyata bisa mempertajam daya ingat. Mengapa? Bagi orang-orang yang tidur siang, sejatinya, otak mereka juga sedang diistirahatkan dan mengembalikan frekuensi otak ke dalam frekuensi yang normal.

Jika sudah terbebani oleh stres dengan pekerjaan yang berat, alangkah baiknya melakukan tidur siang maksimal 30 menit untuk mengembalikan produktivitas agar otak kita bisa kembali beraksi lagi setelah bangun. [2]

Tidur Siang Selama 60 Menit

Tidur siang ini lebih cocok bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan yang banyak menggunakan otak untuk proses kognitif, seperti untuk mengingat kejadian, tempat atau wajah orang.

Akan tetapi, tidur siang ini memiliki kekurangan tersendiri, yakni akan merasa lebih grogi atau bingung sejenak setelah bangun tidur.

Jadi, Lebih Baik yang Mana?

Jawabannya, perlu diingat jika durasi tidur siang yang baik ialah tidur siang tak lebih dari 30 menit. Jadi, tidur siang bukanlah kebutuhan istirahat dalam jangka waktu yang lama, cukup setengah jam alias 30 menit saja. Dengan tidur, ternyata fase pertumbuhan juga berlangsung, sehingga bisa membuat tinggi badan menjadi bertambah.

Jika bingung saat akan bangun, pasanglah alarm! Tidur siang yang baik juga antara rentang waktu pukul 1 siang hingga pukul 3 sore, itu waktu terbaik untuk melakukan tidur siang. Sementara itu, ada banyak orang beranggapan jika tidur siang membuat gemuk. Simak saja langsung!

Karena nyatanya, tidur siang walau sebentar itu memberikan beragam manfaat yang baik bagi tubuh, seperti meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan kreativitas dan produktivitas, mempertajam daya ingat, hingga meningkatkan relaksasi di tubuh Anda!

Kesimpulannya, tidak boleh tidur siang terlalu lama karena itu bisa jadi boomerang (bahaya) bagi tubuh, dan alangkah baiknya tidur siang selama 30 menit saja.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner