Rabu, 01 November 2017

Ulas Tuntas Tidur Siang Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Katanya, tidur siang bikin gemuk? Benar tidak ya? Mitos atau fakta? Coba cek terlebih dahulu di artikel kali ini!

Mungkin atau tentu Anda pernah mendengar omongan yang menyatakan jika tidur siang itu bisa membuat kita menjadi gemuk. Nyatanya, padahal tidur siang mampu memberikan banyak manfaat dibandingkan sisi negatifnya.

Dengan tidur siang, salah satu manfaat yang bisa kita terima ialah kita bisa lebih santai alias lebih rileks, mampu meningkatkan suasana hati (mood), mengurangi rasa lelah akibat kegiatan seharian penuh, meningkatkan kewaspadaan dan bahkan bisa meningkatkan kinerja tubuh.

Biasanya, setelah kita makan siang, aliran darah fokus terhadap saluran pencernaan dan berkurang di bagian otak. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak orang merasa mengantuk saat di siang hari.

Adapula mitos yang bermunculan jika kalori yang masuk setelah makan siang akan menjadi lemak apabila tidur siang. Wah, jadi, faktanya itu seperti apa sih?

Tidur Siang Bikin Gemuk, Benarkah?

Tidur Siang

Sebelum membahas lebih dalam mengenai pertanyaan tersebut, mari kita simak dan ungkap fakta mengenai tidur siang sebagai berikut.

1. Tidur Siang dan Sulit Tidur

Menurut pakar tidur, tidur siang ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengobati kurang tidur yang menimpa seseorang.

Tidur siang selama kurang lebih 15 hingga 20 menit sudah cukup untuk membuat tubuh menjadi kembali segar dan bugar, serta mampu meningkatkan kewaspadaan, energi dan kinerja motorik tubuh. Jangan tidur terlalu lama, karena, mengapa? Dampaknya sudah diulas di 6 Akibat Tidur Terlalu Lama pada Siang Hari!

2. Tidur Siang dan Kinerja Otak

Berdasarkan dari suatu penelitian mengungkap jika tidur siang selama 5 menit saja, ternyata bisa meningkatkan fungsi memori. Bahkan, di suatu penelitian juga mengungkap jika tidur siang kurang dari 30 menit bisa meningkatkan tingkat kewaspadaan tubuh, kinerja dan kemampuan dalam belajar.

Sementara itu, di dalam penelitian yang lain, tidur siang selama kurang lebih 30 hingga 60 menit mampu membantu meningkatkan memori dan kreativitas, serta bisa juga membantu menghafal kosakata atau mengingat arah.

Yang terakhir, tidur siang selama kurang lebih 60 hingga 90 menit, dinilai memiliki peran untuk membuat koneksi baru di dalam otak dan mampu memecahkan masalah kreatif.

3. Tidur Siang dan Tekanan Darah

Dalam suatu penelitian mengungkap jika dengan melakukan tidur siang bisa menurunkan tekanan darah seseorang.

Akan Tetapi, Perlu Diingat Jika...

Tidur siang tidak boleh asal, apalagi tidur siang yang terlalu lama, sangat berbahaya. Menurut salah seorang dokter, tidur siang selama 30 menit justru bisa menyebabkan terjadinya sleep inertia, yakni menjadi merasa bingung dan lambat dalam bereaksi setelah bangun tidur.

Bahkan dari suatu penelitian menunjukkan jika tidur siang selama lebih dari 1 jam lamanya, diduga mampu meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 46%!

Sementara itu, pada studi yang lain menunjukkan jika dengan melakukan tidur siang lebih dari 90 menit diduga bisa meningkatkan resiko sindrom metabolik hingga sebanyak 50%. Sindrom metabolik itu sendiri mampu mencakup kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan lemak yang berlebih pada sekitar pinggang. [1]

Wajib Baca : Perhatikan dengan Teliti, Inilah Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang!

Lalu, Apa Jawabannya?

Menurut dari pakar diet yang bernama dokter Grace Judio-Kahl mengungkap jika sama sekali tak ada hubungan yang terjalin antara tidur setelah makan siang dengan kegemukan.

Grace mengungkap jika terjadinya kegemukan itu terkait dengan melihat total asupan kalori yang masuk dan energi yang keluar. Menurutnya, terjadinya kegemukan itu bukan terjadi karena tidur siang. Apabila kalori yang masuk jauh lebih besar, maka kelebihan itulah yang akan ditabung menjadi lemak sehingga gemuk.

Grace menambahkan jika seseorang memperoleh total asupan kalori yang cukup dan dirinya aktif dalam bergerak, maka dengan tidur siang tak akan membuat berat badannya menjadi naik. [2]

Artikel Terkait : Tidur Siang Memang Sangat Baik, Ini 10 Manfaat Tidur Siang bagi Anak!

Kesimpulan

Jadi, belum tentu jika tidur siang mampu membuat tubuh seseorang menjadi gemuk atau berat badannya naik. Jika tidur siang yang Anda lakukan bisa terkendali dan malah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mengapa tidak?

Jika Anda merasa ngantuk di siang hari, maka tak ada salahnya untuk berhenti dari aktivitas dan mulai mencoba untuk beristirahat dengan tidur siang sejenak agar saat terbangun, tubuh bisa segar dan bugar, dengan kemampuan daya otak yang jauh lebih kreatif!

Sementara itu, ada 1 artikel penting lain yang wajib dibaca, tidur bisa membuat tubuh bertambah tinggi? Simak dan kupas tuntas!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner