Sabtu, 02 Desember 2017

Apakah Tidur Bisa Menambah Tinggi Badan? Ini Faktanya!

Tubuh yang tinggi memang banyak didambakan oleh orang-orang, terutama bagi kalangan remaja. Kaitannya antara tidur (tidur siang dan tidur malam) bisa menambah tinggi badan atau tubuh, apakah nyatanya benar?

Tubuh pasti membutuhkan yang namanya waktu istirahat untuk menormalkan kembali pikiran atau daya ingat yang ada di otak dan agar bisa digunakan lagi sewaktu kita terbangun dari tidur.

Tak hanya mengistirahatkan otak saja, dengan tidur, seperti tidur siang atau tidur malam juga bisa mengistirahatkan tubuh agar saat terbangun, tubuh menjadi kembali segar dan bertenaga untuk melakukan aktivitas setiap harinya.

Untuk membuat tinggi badan yang efektif, tentu membutuhkan banyak faktor seperti olahraga, gaya hidup yang sehat, pola makan yang bagus dan istirahat tubuh. Lantas, apakah memang nyatanya fakta benar jika dengan tidur, tubuh bisa tinggi?

Tidur Bisa Membuat Tinggi?

Tidur Bisa Menambah Tinggi Badan

Menurut dari suatu penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan jika ada fakta, ternyata proses pertumbuhan tinggi badan manusia itu terjadi atau berlangsung di saat manusia sedang beristirahat atau sedang tidur, baik itu tidur siang atau tidur malam.

Di waktu ini, waktu saat manusia tidur, hormon yang terkait dengan pertumbuhan atau perkembangan badan, biasanya akan bekerja dengan lebih maksimal jika membandingkannya saat manusia sedang melakukan aktivitas atau kegiatan.

Sementara itu, menurut dari penuturan masyarakat awam yang tengah berupaya dalam mengoptimalkan proses pertumbuhan tinggi badan itu sendiri, mereka cenderung menemukan atau mendafati suatu fakta yang menarik jika di pagi hari selepas bangun tidur, tinggi badan mengalami pertambahan.

Tidur = Tinggi Bertambah

Hormon pertumbuhan ini mampu menstimulasi proses biologis yang ada pada darah, organ, otot dan juga tulang yang dibutuhkan untuk menambah tinggi badan. Ada banyak hal yang mempengaruhi kinerja hormon pertumbuhan itu sendiri, seperti :
  1. Asupan gizi
  2. Olahraga yang teratur
  3. Tidur atau beristirahat
  4. Stres

Hormon pertumbuhan bekerja sepanjang hari, namun ada masa atau ada kalanya di mana kadar hormon pertumbuhan yang paling tinggi ialah saat setelah tidur, tidur memasuki fase tidur dalam.

Berdasar dari rekomendasi The National Sleep Foundation (NSF), berikut ini durasi waktu tidur, berdasar dari rentang usia yang disarankan :
  • 0 - 3 bulan : 14 - 17 jam per hari
  • 4 - 11 bulan : 12 - 15 jam per hari
  • 1 - 2 tahun : 11 - 14 jam per hari
  • 3 - 5 tahun : 10 - 13 jam per hari
  • 6 - 13 tahun : 9 - 11 jam per hari
  • 14 - 17 tahun : 8 - 10 jam per hari
  • 18 - 25 tahun : 7 - 9 jam per hari
  • 26 - 64 tahun : 7 - 9 jam per hari
  • Di atas 65 tahun : 7 - 8 jam per hari [1]

Bagaimana Bisa Tidur Mempengaruhi Tinggi Badan?

Hormon pertumbuhan dilepaskan oleh kelenjar hipofisis pada otak ke aliran darah dan dilepaskan sepanjang hari, namun periode pelepasan yang paling efektif ialah saat tidur, tak lama setelah kita tidur nyenyak.

Hal ini berarti jika durasi tidur yang pendek akan terjadi gangguan saat tidur dan bisa mempengaruhi pelepasan hormon pertumbuhan karena kita memerlukan waktu yang cukup untuk bisa mencapai tidur yang lebih dalam.

Penelitian yang dilakukan oleh Takahashi di tahun 1968 menunjukkan jika waktu tidur malam yang ditunda dan tidur malam yang tak nyenyak alias sering terbangun, bisa menghambat puncak pelepasan dari hormon pertumbuhan tersebut.

Selain itu, ada juga penelitian yang lain diterbitkan oleh jurnal Otolaryngology-Head and Neck Surgery di tahun 2010, menjelaskan jika anak yang mengalami kekurangan hormon pertumbuhan, ternyata ada kaitannya dengan kualitas tidur yang buruk dan tinggi badan yang lebih pendek. [2]

Lebih Efektif Tidur Siang atau Tidur Malam?

Sebenarnya kedua-keduanya itu sangat efektif, melainkan fungsi atau tujuan kedua jenis tidur itu berbeda.

Tidur siang dilakukan dengan tujuan memperoleh rileks, ketenangan, produktivitas dan lain sebagainya, yang mana hanya dilakukan cukup sebentar saja, tidak lebih dari 1 jam, agar bisa melanjutkan aktivitas lagi dengan lebih baik.

Tidur siang yang berkualitas juga dibutuhkan alias sangat perlu. Untuk mendapatkan kualitas tidur siang, perhatikan jam atau waktu tidur siang yang baik dan yang disarankan. Akan tetapi, tidur siang jangan berlebihan, jangan terlalu lama agar kita bisa memperoleh manfaat tersebut.

Sementara itu, tidur malam adalah waktu istirahat yang bagus setelah kita bekerja atau beraktivitas seharian penuh dan tubuh serta otak membutuhkan istirahat.

Jadi, hormon pertumbuhan akan bekerja dengan optimal saat seseorang tidur malam, karena pada tidur malam, kita bisa tidur secara dalam.

Manfaat Tidur Siang :

Jadi, Jawabannya?

Jawabannya ialah tidur bisa menambah tinggi badan dengan baik, karena saat tidur, terutama tidur malam, hormon pertumbuhan bekerja dengan optimal.

Setelah membaca artikel ini, masih meragukan manfaat hebat dari tidur siang dan tidur malam? Tubuh juga membutuhkan istirahat lho!

Yuk coba gaya hidup yang jauh lebih baik lagi!

Masih ada satu artikel penting lagi lho, apakah benar tidur siang membuat tubuh menjadi gemuk? Mari kita kupas secara tuntas!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner