Selasa, 05 Desember 2017

Bukan Main! 10 Bahaya Akibat Tidur Siang Terlalu Lama

Apakah salah satu dari Anda merupakan orang yang gemar berlama-lama dalam tidur siang? Apakah Anda tahu jika tidur siang terlalu lama itu berbahaya, berakibat, berefek dan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh?

Faktanya, tidur siang yang terlalu lama ini bisa mengakibatkan begitu banyak gangguan bagi kesehatan tubuh. Karena memang, waktu tidur siang yang disarankan tak lebih dari 1 jam lamanya.

Nyatanya, dengan tidur siang itu memang memiliki beragam manfaat, seperti contohnya bisa menambah tinggi badan. Selain bisa menghilangkan kantuk yang membuat tubuh menjadi lebih segar, dengan tidur siang juga bisa membuat kinerja atau produktivitas menjadi lebih produktif serta kondisi emosional dan mental lebih stabil.

Semua itu akan didapat hanya saat tidur siang selama 30 menit saja sudah cukup dan tak lebih dari 1 jam lamanya. Jika terlalu berlama-lama tidur siang, itu sudah berbeda lagi pokok bahasannya yang bisa mengakibatkan gangguan pada tubuh dan malah akan merusak kesehatan Anda.

Bahaya Akibat Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur Siang

1. Meningkatkan Resiko Depresi

Di suatu studi yang telah dilakukan oleh para peneliti terhadap kembar bersaudara di tahun 2014, ditemukan jika durasi atau waktu tidur yang panjang ternyata bisa meningkatkan resiko seseorang terkena gejala depresi.

Mereka yang tidur antara 7 hingga 9 jam lamanya dalam semalam akan mempunyai kecenderungan 27% gejala depresi, sementara yang tidur lebih dari 9 jam, gejala depresi tersebut mencapai hingga 49%.

2. Bisa Merusak Otak

Di dalam suatu studi yang diterbitkan pada tahun 2012, ditemukan jika diantara wanita lanjut usia, tidur yang terlalu lama atau sedikit bisa memperburuk fungsi otak selama periode 6 tahun.

Wanita yang tidur lebih dari 9 jam lamanya setiap malam, atau bahkan kurang dari 5 jam, menunjukkan adanya perubahan yang terjadi di otak mereka, setara dengan penuaan selama 2 tahun.

3. Menaikkan Berat Badan

Para peneliti yang sama juga melihat ke berat badan dan melihat adanya lemak yang terjadi di antara orang dewasa Quebec selama periode 6 tahun lamanya.

Mereka berhasil menemukan jika mereka yang mempunyai waktu tidur pendek dan panjang bisa mendapatkan berat badan yang lebih berat selama 6 tahun dibandingkan orang yang tidur 7 hingga 8 jam dalam semalam.

Orang yang tidur selama 9 hingga 10 jam setiap malamnya, beresiko 25% lebih mungkin memperoleh 5 kilogram selama masa studi atau bahkan setelah mengendalikan asupan makanan beserta dengan aktivitas fisik. [1]

4. Menghambat Produksi Insulin dan Meningkatkan Resiko Diabetes

Di salah satu penelitian mengungkap jika tidur siang yang terlalu lama, lebih dari 30 menit atau bahkan hingga 60 menit, ternyata bisa memicu tubuh dalam mengalami suatu penghambatan pada produksi insulin.

Insulin adalah zat yang secara alami diproduksi oleh ginjal guna membantu dalam mencerna gula darah, sehingga bisa meringankan kadar gula darah di dalam tubuh. Bayangkan jika produksi insulin di dalam tubuh malah terhambat.

Jika terhambat, hal ini bisa menyebabkan gula darah di dalam tubuh menjadi tak terkontrol lagi dan tak bisa tercerna dengan baik. Yang lebih menakutkannya lagi, apabila dibiarkan terlalu lama dan berubah menjadi suatu kebiasaan, maka bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

Bahkan ada satu fenomena lagi yang sebagian besar masyarakat percaya jika tidur siang menyebabkan gemuk, apakah memang benar?

5. Kian Mengantuk dan Lemas Setelah Bangun Tidur

Tidur siang memang sangat baik manfaatnya untuk meningkatkan konsentrasi dan juga fokus saat sedang merasa lelah. Namun demikian, bahaya tidur siang yang terlalu lama ternyata malah membahayakan bagi diri kita sendiri.

Saat tidur siang terlalu lama, tubuh bukannya akan merasa bugar, malah akan menjadi lemas dan kian mengantuk saat terlalu lama tidur siang. Hal ini bisa menyebabkan fokus dan konsentrasi yang menjadi terganggu sehingga tak bisa bekerja secara optimal.

6. Pusing dan Sakit Kepala

Bahaya tidur siang yang terlalu lama juga ternyata bisa menyebabkan terjadinya kepala yang sering pusing dan sakit kepala.

Hal ini dikarenakan kelamaan tidur siang membuat suplai oksigen menuju ke otak menjadi minim, sama halnya dengan suplai darah ke otak. Tentu hal ini bisa membuat kepala akan menjadi pusing dan muncul rasa sakit. [2]

7. Jam Biologis Terganggu

Jam biologis seseorang ikut terganggu pada saat tidur siang yang terlalu lama. Orang yang tidur siang terlalu lama ini akan jauh lebih betah begadang dibandingkan dengan orang yang tak penah tidur siang. Sementara itu, tidur malam menurut para ahli juga tak kalah penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal.

Terganggunya jam biologis ini mirip seperti adanya suatu kemunculan gejala "jet lag" saat kita bepergian dengan menggunakan pesawat.

Keadaan ini bisa menyebabkan kita menjadi merasa kebingungan dan kemungkinan akan mengganggu jam tidur kita secara normal, sama halnya dengan pola makan.

8. Menyebabkan Insomnia

Seperti halnya mengganggu jam biologis tubuh, dampak lain yang tak kalah menakutkannya ialah bisa menyebabkan terjadinya gangguan insomnia.

Insomnia merupakan salah satu gangguan di mana seseorang tak bisa tidur di waktu malam hari, yang mana yang menjadi salah satu penyebabnya oleh jam tidur siang yang terlalu lama.

Hal ini tentu bisa membuat tubuh menjadi merasa lebih segar di malam hari, sehingga di malam harinya kita tak bisa tidur dan mengalami insomnia. [3]

9. Menyebabkan Nyeri Punggung

Terbiasa tidur terlalu lama dengan alasan untuk menghilangkan lelah dan rasa pegal di tubuh justru bisa berakibat terjadinya nyeri punggung.

Tidak hanya itu saja, kebiasaan atau sering berbaring atau tidur-tiduran juga akan berakibat hal yang sama.

10. Resiko Gangguan Jantung

Di dalam suatu penelitian yang sudah berhasil dipresentasikan dalam pertemuan American College of Cardiology 2012, tidur selama 8 jam atau lebih setiap malamnya dikaitkan dengan peningkatan resiko masalah jantung.

Para peneliti melakukan analisis data dari lebih sebanyak 3000 orang dan menemukan jika tidur dalam waktu yang lama atau tidur panjang, memiliki 2 kali resiko angina dan 1,1 kali resiko terkena penyakit arteri koroner.

Bagaimana agar Tidur Siang Tak Terlalu Lama?

Tidur Siang

Memang sulit untuk mengatur tidur siang agar tak terlalu lama. Kebanyakan orang akan merasa nyaman tidur siang selama 1 jam lebih sedikit, namun itu harus dihentikan karena suatu kebiasaan yang buruk.

Tidur siang yang baik sebenarnya ialah tak lebih dari 30 menit dan dilakukan antara pukul 2 siang hingga pukul 3 sore.

Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa tidur siang selama 30 menit ialah berniat terlebih dahulu dan memasang alarm.

Saat alarm bunyi, cobalah berusaha untuk bangun dan merelakan beberapa waktu menit untuk beristirahat sejenak setelah bangun dari tidur.

Lakukanlah hal ini secara terus-menerus, niscaya akan menjadi suatu kebiasaan dan tak akan lagi tidur lama, hingga lebih dari 1 jam lamanya.

Manfaat Tidur Siang :

Kesimpulan

Tidur Siang

The National Sleep Foundation menyarankan jika tidur siang itu cukup selama 20 hingga 30 menit saja, karena dengan waktu yang singkat itu bisa meningkatkan rasa kewaspadaan tanpa harus menyebabkan kegelisahan atau timbul kebingungan. [4]
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner